Thursday, August 28, 2014

Algoritma

Dalam jurusan Sistem Informasi kita sudah tak asing lagi dengan kata "Algoritma". Pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit tentang Apa itu Algoritma dan perbedaan algoritma dengan program.

1. Algoritma dapat didefinisikan "Pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian suatu masalah dan dituliskan secara sistematis, yang nantinya akan diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman". Atau "Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Yang ditekankan pertama adalah alur pikiran, sehingga algoritma seseorang dapat juga berbeda dari algoritma orang lain. Sedangkan penekanan kedua adalah tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.".

2. Perbedaan Algoritma dengan Program
Program adalah kumpulan instruksi komputer sedangkan agoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program. Beberapa pakar memberi formula bahwa :
program = struktur data + algoritma
Algoritma yang baik tanpa pemilihan struktur data yang tepat akan membuat program menjadi kurang baik, semikian juga sebaliknya.

Sumber: Dosen :)

No comments:

Post a Comment